Kamis, 14 Februari 2013

Dakwah Lewat Tulisan


Dakwah dilakukan secara lisan maupun tulisan. Dakwah Melalui tulisan bersifat abadi, bisa dibaca kapan saja dan dimana saja. Apa komentar anda tentang dakwah melalui tulisan.


AKH. MUFRIS, S.Pd.I.
Ketua LP. Maarif NU Pragaan.

Dakwah Lewat tulisan adalah sebuah keharusan untuk dilakukan, karena Rasulullah tidak hanya berdakwah melalui lisan, namun juga melalui tulisan dan perbuatan. Dakwah melalui tulisan tak terbatas ruang dan waktu, mudah dilakukan dan harus mudah difahami. Sebaik-baik dakwah yang mudah difahami oleh masyarakat, karenanya materi dan bahasa dakwah haruslah menggunakan bahasa-bahasa rakyat.





FADHILAH
Ketua IPPNU Pragaan

Islam mengajarkan tiga cara berdakwah, bilkhikmah, walmau’idhatil hasanah, wajaadilhum billati hiya ahsan. Yang pertama mengajarkan kita untuk belajar banyak hikmah dari pengalaman hidup orang lain. Yang kedua Langsung memberi peringatan untuk sebuah perubahan. Peringatan yang baik itu harus disampaikan dengan retorika dan cara yang baik, direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi. Cara ketiga dengan diskusi, perdebatan, bantahan yang baik dan unjuk damaipun adalah cara berdakwah yang dibenarkan agama. Tapi semua itu akan bermakna abadi manakala diprasastikan dengan tulisan.




MOH. ARIF RAHMAN HAKIM
Pengurus GP Ansor Pragaan

Ilmu itu gesit bagai belut, dan tulisan itu pengikatnya. Ilmu mudah kita dapatkan, diruang kelas, dibangku kuliah, diruang pelatihan, di restoran, di alam terbuka atau bahkan koran di tong sampahpun adalah ilmu yang bertaburan, semua dapat menginspirasi kita untuk mendapatkan ilmu, tapi ketika tidak ditulis maka semua hanya akan menjadi “Haba’an Mantsura” debu-debu yang beterbangan. Maka menulis sama pentingnya dengan membaca. Mari biasan menulis.





AINUN NIKMAH
Siswa MA Kelas XI di Pragaan      
         
Menulis bagi sebagian orang adalah hal yang sangat melelahkan dan membosankan, tapi tidak menurut kalangan orang yang menganggap bahwa menulis sebetulnya hal yang sangat menarik untuk meluapkan semua isi hatinya dan menuangkan semua keluh kesah dalam kehidupan bagi seseorang itu sendiri. Dan satu hal yang sangat besar manfaatnya, menurut saya  , bahwa menulis itu adalah luapan hati yang dapat menenangkan pikiran dalam hal apapun, baik disaat kita bahagia maupun sedang dilanda kesedihan karena meluapkan isi hati ataupun pikiran dalam sebuah lembaran kertas, dapat diluapkannya dengan sedetail mungkin. Apalagi jika kita dapat menulis sebuah karya sastra, adalah hal yang begitu sangat besar dan membanggakan buat saya, karena tidak setiap orang dapat menulis sebuah karya sastra, mungkin bagi setiap kalangan yang sudah biasa dalam hal tulis menulis sebuah karya sastra sudah tidak heran lagi dengan sebuah karya sastra, tapi lain menurut saya, jika seseorang dapat menulis sebuah karya sastra itu adalah orang yang sangat hebat.
   
Menulis tidak semua orang suka dan tertarik, saya sebagai seseorang yang suka menulis sangat ingin mengalihkan  pandangan pada kalangan yang menganggap menulis adalah hal yang membosankan, memberi pengertian bahwa menulis sebenarnya adalah hal yang syahdu di saat kita sedang bersedih, hal yang sangat menyenangkan di saat kita bahagia dan kita dapat menulis kata-kata yang indah dalam tulisan itu, dapat kita sesuaikan dengan suasana hati  . apalagi bagi remaja sekarang yang banyak tidak menyukai menulis jika menulis terlalu banyak, atau membuat mereka bosan, memang iya menulis itu membosankan jika kita tidak hayati dengan sungguh-sungguh, tapi janganlah  berfikir bahwa menulis hanya akan membuat kita bosandan membuang-buang waktu, banyak hal yang dapat kita lihat dalam menulis, salah satunya  adalah dapat membuat cakrawala baru bagi siapa yang membaca tulisan tersebut, dapat membuat pembaca mendapatkan pengalaman baru dari tulisan kita, baik pengalaman membaca dalam hal apapun juga.



FITRIYAH
Pelajar MA Al-Ihsan Kelas XII

beberapa pendapat tentang menulis menurut teman saya menulis adalah suatu tulisan yang bisa dituangkan dalam sebuah karya  tulis. Dan dengan menulis kita bisa membuat tulisan menjadi semakin bagus, tapi terkadang bagi sebagian orang menulis itu merupakan suatu hal yang bisa membuatnya malas untuk menulis, karena menurut mereka dengan menulis, mereka akan mudah merasa capek dan akibatnya mereka yang malas menulis hanya bisa mengandalkan alat electronik yang ada pada zaman yang serba modern ini, serta mereka tidak mau menyadari bahwa sebenarnya menulis itu adalah suatu hal yang sangat indah tapi kalau menulis dalam hal luapan hatinya sendiri mereka bisa untuk menuangkannya dalam suatu tulisanseperti novel dll, kalau menulis tentang pelajaran ataupun tugaz mereka malas, mereka hanya mau dengan yang instan tanpa melalui proses terlebih dahulu.

Manfaat menulis adalah :
1.    Dapat memperindah tulisan
2.    Dapat menjadi tempat  meluapkan isi hati
3.    Membuka cakrawala baru bagi pembaca
4.    Jika tulisan itu indah ataupun bagus dapat menambah minat si pembaca untuk menulis
5.    Dapat menghilangkan kejenuhan dalam pikiran

Sekian dari kami, inilah opini kami dalam mengartikan sebuah arti menulis. 




LUQMANUL HAKIM
Bendahara GP Ansor Pragaan

Meskipun saya jarang menulis, tapi membaca banyak pikiran orang yang dituangkan dalam majalah atau koran sangat mengasyikkan. Dan dari hasil membaca itu membuat saya makin dewasa, makin banyak inspirasi dalam berimajinasi maupun melahirkan karya-karya. Dengan menulis itu membuat saya gampang bergaul dengan banyak kawan. Saya bahkan dipercaya sebagai bendahara Ansor sekarang.